kampung-ramadhan-desa-sukaratu

Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan yang di tunggu-tunggu oleh masyarakat Muslim khususnya di Kab. Serang, karena pada bulan ini suasana berbeda hadir dari hari-hari biasanya. Salah satunya rutinitas ngabuburit di masyarakat Kab. Serang. Ngabuburit ini dilakukan masyarakat untuk menghabiskan waktu sore menjelang berbuka puasa dengan membeli berbagai macam takjil, makanan, atau sekedar berjalan-jalan menunggu waktu berbuka.

Hal ini banyak dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk mengadakan kegiatan, salah satunya oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Mahkota Ratu. Untuk menyambut dan menghidupkan suasanan Ramadhan, Desa Sukaratu Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang, secara rutin menyelenggarakan kegiatan sosial yaitu Kampung Ramadhan Mahkota Ratu dengan tema kegiatan Ramadhan Fair tahun ini adalah “Kampung Ramadhan”.

Kampung Ramadhan ini diadakan di Taman Mahkota Ratu Desa Sukaratu Kec. Cikeusal. Kegiatan ini berlangsung selama bulan Ramadhan, yaitu mulai tanggal 13 April – 13 Mei 2021. Ada beberapa bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Kampung Ramadhan Mahkota Ratu 1442 H, yaitu :

  1. Festival Makanan Tradisional Bentuk Jajanan dan Takjil
  2. Perlombaan
  • Lomba Adzan dan Hafalan Al-Qur’an (MTQ) untuk anak-anak, remaja dan umum
  • Lomba menggambar dan mewarnai untuk anak-anak
  • Lomba qosidah dan marawis
  • Lomba pildacil tingkat anak dan remaja
  • Lomba baca puisi islami
  • Lomba busana muslim
  • Lomba cerdas cermat
  • Lomba tumpeng 

      3. Bazar murah Ramadhan

      4. Pentas musik Islami

      5. Paket buka puasa bersama

      6. Pembagian hadiah dan door prize

      7. Dan kegiatan lainnya

Dalam kegiatan Kampung Ramadhan ini, protokol kesehatan tetap diterapkan dan dilaksanakan dengan ketat. Di harapkan masyarakat yang berkunjung juga sudah sadar dan menerapkan 3M (Memakai Masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak).

Adanya kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk promosi untuk desa wisata Sukaratu agar lebih banyak dikenal oleh masyarakat Kabupaten Serang, khususnya daerah Cikeusal dan Sekitarnya.