forum-opd-disporapar-tahun-anggaran-2021

Pada hari Selasa Tanggal 2 Maret 2021, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kab. Serang mengadakan rapat Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Forum OPD diselenggarakan di Aula Disporapar dengan Protokol Kesehatan yang ketat dan pembatasan tamu undangan.

Forum OPD ini dihadiri oleh masing-masing satu perwakilan dari setiap OPD terkait, yaitu perwakilan dari 8 Kecamatan dan Pengelola Desa Wisata, 7 OPD, 7 Stakeholder bidang Pemuda dan Olahraga, dan 4 Stakeholder dari bidang Pariwisata serta Kepala Bidang dan Kepala Seksi Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kab. Serang.

Acara Forum OPD ini dibuka dengan sambutan dari Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata. Dalam Sambutannya, Kepala Disporapar, Drs. Hamdani berharap Forum OPD ini dapat dijadikan sebagai ajang dan sarana silaturahmi dan bertukar pikiran antara Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata dengan masyarakat khususnya peserta yang mewakili dari organisasi masyarakat, pengurus cabang olahraga, organisasi kepemudaan serta organisasi lainnya, sehingga rencana kerja yang disusun nanti bisa menampung aspirasi masyarakat.

Narasumber yang hadir dalam Forum ini adalah Kepala Bappeda Kab. Serang. Dalam pemaparannya, Dr. Rachmat Maulana, S.Sos, M.Si menyampaikan isu-isu strategis dan upaya yang dilakukan dalam proses penyusunan perencanaan dan penganggaran organisasi perangkat daerah Kabupaten Serang.

Selanjutnya Kadisporapar menyampaikan materi terkait peta proses bisnis yang memuat empat proses utama hingga diturunkan sampai ke level kegiatan. Pada tahun 2022 direncanakan sebanyak 7 (tujuh) Program, 19 (sembilan belas) kegiatan, dan 65 (enam puluh lima) sub kegiatan.

Adapun fokus utama dalam rancangan renja tahun 2022 yaitu pengembangan kapasitas daya saing kepemudaan dan keolahragaan, peningkatan daya tarik destinasi pariwisata, pemasaran pariwisata, pengembangan ekonomi kreatif melalui pemanfaatan dan perlindungan hak kekayaan intelektual, serta pengembangan sumber daya Pariwisata dan ekonomi kreatif.

Forum OPD ini ditutup dengan penandatanganan Berita Acara hasil Forum OPD yang diwakili oleh perwakilan dari peserta forum yang hadir.