Selamat Datang di Website Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Serang

Festival Bedolan Bendung Pamarayan – Obati Kerinduan dan Tingkatkan Wisata Kabupaten

festival bedolan pamarayan

Obati Kerinduan dan Tingkatkan Wisata Kabupaten

Festival Bedolan Bendung Pamarayan

Serang, Kabar gembira untuk masyarakat Kabupaten Serang, Pemkab Serang akan mengadakan Bedolan Festival 2017. Festival yang akan diadakan pada 12-14 Oktober ini merupakan rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten Serang ke-491 serta untuk mengobati kerinduan suasana festival menangkap ikan di Bendungan Pamarayan setelah vakum selama Sembilan tahun, sejak tahun 2008.

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa menerangkan, digelarnya festival bedolan berawal dari tradisi membersihkan Bendungan Pamarayan yang sudah dilakukan sejak dibangunnya bendungan.

“Bedolan itu pengeringan Bendungan Pamarayan. Air dikeluarkan dan dibuang kesaluran Sungai Ciujung, Tujuannya untuk maintenance (mulai dari membersihkan, merapikan, kalau ada yang rusak akan diperbaiki-red). Kegiatan ini tradisi hingga dijadikan kegiatan masyarakat,””terangnya.

Selain membersihkan bendungan, kata Pandji, bedolan selalu disambut antusias masyarakat untuk berburu ikan dan rekreasi di bendungan. Aktivitas tersebut bias menjadi daya tarik wisata.

“”Makanya, Bedol Pamarayan kami dorong dengan memasukkannya menjadi kalender wisata tahunan skala regional. Selain bedolan, diadakan juga penampilan kesenian tradisional. Mulai dari debus, ubrug, topeng, wayang golek, dan lainnya.”” Ujarnya.

Pada kegiatan sebelumnnya, kata Pandji, masyarakat yang dating tidak hanya dari Pamarayan, melainkan juga dari Lebak, Pandeglang, dan daerah lainnya. “Masyarakat tidak hanya mencari ikan di bendungan, tapi juga rekreasi,”” tambahnya usai Peringatan Haornas di Pendopo Bupati Serang, Jumat 29/9).

Festival yang akan diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut itu, diyakini Pandji, akan menjadi daya tarik luar biasa bagi masyrakat karena sudah banyak masyarakat Banten yang merindukan suasananya. Mengingat, festival Bedolan Bendungan Pamarayan tahun ini merupakan pertama diadakan kembali, setelah terkhir diadakan di tahun 2008.

“nah, ini tergantung pada publikasinya. Panitia harus menginformasikan seluas-luasnya ke masyarakat Banten agar kegiatan sebagus ini bias diketahui secara luas oleh masyarakat Banten. Selain itu, kerja sama dinas juga berpengaruh.’”

Kata Pandji, acara tidak mungkin terlaksana dengan baik jika berjalan sendiri. Semua dinas terlibat, mulai Disporapar, Dindikbud, Diskoperindag, dan dinas terkait lainnya. Pandji menegaskan, Pemkab berkomitmen memaksimalkan semua potensi wisata di Kabupaten Serang. (*/wivy-zetizen/zee/zai/ira)

 

 

Ditulis pada : Oktober 2nd, 2017 | Penulis : admin | Kategori : Berita Kepariwisataan

Berita Terkait

Selasa, 17 Juli 2018

Pencarian Berita

 FORMULIR KANG NONG 2018

 Annual Culture Festival

 Polls

Bagaimana tampilan website ini?

View Results

Loading ... Loading ...

 Statistik Pengunjung

  • 2489Total Pengunjung:
  • 4Pengunjung hari ini:
  • 16Pengunjung kemarin:
  • 118Pengunjung minggu ini:
  • 0Pengunjung Online:

Galeri Foto

Mari Berlibur ke Serang

 
Copyright © 2014 - 2018 | Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Serang
Tampilan website ini baik dilihat menggunakan Mozilla Firefox dengan resolusi minimal 1280 x 768 pixel.